16.59
0
sangat sederhana rangkaian pengisi daya baterai yang dijelaskan dalam artikel ini, yang menggunakan hanya satu transistor untuk mendeteksi tegangan serta untuk secara otomatis melepaskan baterai dari suplai ketika mendapat terisi penuh.
Circuit Deskripsi
Seperti ditunjukkan dalam diagram kita bisa melihat konfigurasi langsung di mana satu transistor terhubung di dalamnya modus operasi standar. 
Rangkaian fungsi dapat dipahami dengan bantuan hal-hal berikut:
Mengingat baterai yang akan dikenakan adalah baterai 12 volt , kita tahu bahwa itu disarankan untuk mengisi baterai sampai mencapai antara 13,5 dan 14 volt.
Transistor tegangan basis disesuaikan menggunakan P1 preset, sehingga transistor hanya melakukan dan mengoperasikan relay sekitar 14 volt.
Penyesuaian ini menjadi tegangan tinggi titik perjalanan dari sirkuit dan digunakan untuk beralih OFF tegangan pengisian ke baterai ketika mendapat terisi penuh atau tegangan mencapai sekitar 14 volt.
Semakin rendah titik perjalanan dari rangkaian tidak bisa disesuaikan dengan sirkuit ini terlalu sederhana dan tidak memasukkan fitur deteksi tegangan rendah.
Namun transistor itu sendiri dilengkapi dengan sebuah saklar OFF fitur dalam kasus tegangan basis menjadi terlalu rendah.
Biasanya transistor tujuan umum seperti yang yang ditunjukkan (BC547) ketika disesuaikan untuk beralih ON pada 14 volt mungkin memiliki batas bawah sekitar 10 volt, ketika mungkin akan hanya beralih OFF.
Ini perbedaan tegangan lebar antara ambang set tinggi dan batas alam yang lebih rendah adalah karena hysteresis besar terlibat dengan desain.
Batas bawah dari 10 volt adalah sangat rendah dan kita tidak bisa menunggu untuk rangkaian untuk memulai kembali proses pengisian sampai tegangan baterai jatuh ke tingkat berbahaya 10 volt ini.
 Membiarkan baterai untuk melepaskan ke 10 volt dapat membuat flat baterai secara permanen dan mengurangi hidupnya.
.
Oleh karena itu untuk menghilangkan masalah ini sirkuit yang dibutuhkan untuk entah bagaimana mengurangi tingkat hysteresis. Hal ini dilakukan dengan memperkenalkan beberapa dioda pada emitor dari transistor.
Kita tahu bahwa biasanya dioda 1N4007 akan turun sekitar 0,7 volt di atasnya dan dua jika mereka akan membuat total 1,4 volt.
Dengan memasukkan dua dioda secara seri dengan emitor dari transistor, kita memaksa transistor untuk mematikan 1,4 V lebih awal dari batas yang ditentukan normal dari 10 volt.
Oleh karena itu sekarang ambang operasi yang lebih rendah dari rangkaian menjadi 10 + 1,4 = 11,4 volt, yang dapat dianggap hanya OK untuk baterai dan restart otomatis proses pengisian.
Setelah kedua ambang diperbarui sesuai persyaratan pengisian standar, kita sekarang memiliki otomotif otomatis pengisi baterai yang tidak hanya murah untuk membangun tetapi juga cukup pintar untuk mengurus kondisi daya baterai yang sangat efisien.


Parts List
R1 = 4K7
P1 = 10K preset,
T1 = BC547B,
Relay = 12V, 400 ohm, SPDT,
TR1 = 0 - 14V, arus 1/10 th dari baterai AH
Bridge dioda = Sama dengan nilai sekarang dari transformator,
Dioda emitor = 1N4007,
C1 = 100uF/25V

0 komentar: