16.52
1
Berikut pintar otomatis rangkaian pengisi baterai secara eksklusif dirancang oleh saya dalam menanggapi permintaan dari dua pembaca tajam blog ini, Mr Vinod dan Mr.Sandy. Mari kita dengar apa yang Mr.Vinod dibahas dengan saya melalui email mengenai pembuatan sirkuit pengisi baterai pintar:
"Hi Swagatam,
.. Nama saya chandran vinod proffessionaly saya seorang seniman dubbing dalam industri film malayalam tetapi saya seorang penggemar elektronik juga saya biasa pengunjung blog anda. Sekarang saya perlu bantuan Anda. Aku hanya membangun sebuah baterai SLA charger otomatis namun ada beberapa masalah dengan itu. Saya melampirkan sirkuit dengan surat ini. The LED merah dalam rangkaian seharusnya bersinar bila baterai penuh tetapi bersinar sepanjang waktu. (baterai saya hanya menunjukkan 12.6v). Masalah lain adalah dengan 10k pot. tidak ada perbedaan ketika saya memutar pot kiri dan kanan .. Jadi saya meminta Anda untuk membenarkan masalah ini atau membantu saya untuk menemukan sebuah rangkaian charger otomatis yang memberi saya peringatan visual atau audio saat baterai sudah penuh dan rendah. Sebagai hobi saya digunakan untuk membuat hal-hal dari peralatan elektronik tua. Untuk pengisi baterai saya memiliki beberapa komponen. 1. Transformer dari tua vcd pemain . out put dari 22V, 12v, 3.3v. Dan saya tidak tahu bagaimana mengukur ampere. DMM saya hanya memiliki kemampuan untuk memeriksa 200mA. Ini memiliki port 10A tetapi saya tidak dapat mengukur setiap ampere dengan itu. (Meteran menunjukkan "1") Jadi saya berasumsi bahwa transformator adalah di atas dan di bawah 1A 2A dengan ukuran dan syarat-syarat dari vcd player. .. 2 trafo lain -12-0-12 5A 3 transformator lain - 12v 1A 4 Transformer dari up lama saya (600exv Numeric).. Apakah masukan ini tranformer ini diatur AC? Beberapa LM 317 s baterai SLA dari tua 7Ah up-12v 6. 5.. . (Sekarang memiliki muatan 12.8v) 7 baterai SLA dari inverter 40w tua - 12v 7Ah. (Biaya adalah 3.1v) Satu hal yang saya lupa memberitahu Anda. Setelah rangkaian pengisi pertama, saya membuat satu lagi (saya akan melampirkan ini juga). Ini bukan satu otomatis tetapi bekerja. Dan saya perlu untuk mengukur ampere dari charger ini. Untuk itu saya googled untuk perangkat lunak simulasi rangkaian animasi tetapi tidak mendapatkan satu belum. Atlast saya menemukan satu di link ini (http://www.cs.technion.ac.il/ ~ wagner / index_files / ckt_anim /). Tetapi saya tidak bisa menggambar rangkaian dalam alat itu. tidak ada bagian seperti LM317 dan LM431 (variable shunt regulator). bahkan tidak potetiometer atau memimpin. Jadi saya meminta Anda untuk membantu saya untuk menemukan sebuah alat simulasi rangkaian visual. Saya harap Anda akan membantu saya. salam
chandran vinod "

 The LED merah harus tidak bersinar sepanjang waktu dan memutar pot harus mengubah> tegangan output, tanpa baterai terhubung. >> Anda dapat melakukan hal-hal berikut: >> Lepaskan resistor 1K dalam seri dengan pot 10K dan menghubungkan terminal pot yang> relevan langsung ke tanah. Hubungkan >> pot 1K di dasar transistor dan tanah (gunakan center> dan salah satu dari terminal lain dari pot). >> Hapus semua yang disajikan di sisi kanan baterai di> diagram, maksudku relay dan semua ..... >> Semoga dengan perubahan di atas, Anda harus dapat menyesuaikan tegangan> dan juga menyesuaikan dasar transistor pot untuk membuat LED bersinar hanya setelah> baterai terisi penuh, sekitar 14V. >> Saya tidak percaya dan menggunakan simulator, saya percaya dalam tes praktis, yang merupakan metode> terbaik memverifikasi. >> Untuk 12v 7,5 ah baterai, gunakan 2Amp transformator 0-24V, menyesuaikan output> tegangan dari rangkaian di atas menjadi 14,2 vollts. Sesuaikan basis transistor pot> sehingga LED hanya mulai bersinar di 14V. Apakah adjustents ini tanpa> baterai terhubung pada output. >> Rangkaian kedua juga baik tetapi tidak otomatis .... adalah saat> dikendalikan, meskipun. >> Let me know pikiran Anda. >> Thanks,> Swagatam

Hi Swagatam, Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih untuk membalas cepat Anda. Saya akan mencoba saran Anda. sebelum itu saya perlu untuk mengkonfirmasi perubahan yang Anda sebutkan. Saya akan melampirkan gambar yang terdiri saran Anda. Jadi harap konfirmasikan perubahan di sirkuit. -Vinod chandran


Itu sempurna. Sesuaikan preset basis transistor sampai LED hanya mulai bersinar samar-samar di sekitar 14 volt, dengan baterai tidak terhubung. Salam.

Hi Swagatam Ide Anda graet. Charger ini bekerja dan sekarang menjadi salah satu LED bersinar untuk menunjukkan pengisian sedang berlangsung. tapi bagaimana saya bisa mengkonfigurasi muatan penuh indikator LED. Ketika saya memutar pot ke ground side (berarti resistensi yang lebih rendah) LED mulai bersinar. ketika resistensi berjalan LED yang tinggi akan dimatikan. Setelah 4 jam pengisian baterai saya menunjukkan 13.00v. Tapi itu muatan penuh LED mati sekarang. Plz membantu saya.

Hi Swagatam, Saya minta maaf mengganggu Anda lagi. Email terakhir adalah sebuah kesalahan. saya tidak melihat saran Anda dengan benar. Jadi abaikan surat itu. Sekarang saya adust pot 10k ke 14.3v (itu cukup sulit untuk menyesuaikan pot, karena sedikit variasi akan menghasilkan tegangan output yang lebih besar.). Dan saya menyesuaikan pot 1k bersinar sedikit. Apakah charger ini seharusnya untuk menunjukkan baterai 14V?. Setelah semua biarkan aku tahu tingkat bahaya muatan penuh baterai. Sekali lagi terima kasih. salam vinod chandran

Hi Swagatam, Seperti yang Anda disarankan, semuanya baik-baik saja ketika saya menguji sirkuit dari papan tempat memotong roti. Tapi setelah solder ke PCB hal aneh yang terjadi. LED merah tidak bekerja. pengisian tegangan ok. Pokoknya saya melampirkan gambar yang menunjukkan kondisi saat ini dari sirkuit. plz help me. Setelah semua saya bertanya satu hal. Bisa tolong beri saya sebuah rangkaian charger otomatis dengan indikator baterai penuh. ?.

Hi Swagatam, Sebenarnya saya di tengah-tengah charger otomatis Anda dengan fitur hysteresis. Aku hanya menambahkan beberapa modifikasi. saya akan melampirkan rangkaian dengan surat ini. plz check this out. Jika rangkaian ini tidak ok maka saya bisa menunggu Anda untuk besok. salam vinod chandran

Hi, saya lupa bertanya satu hal. Transformator saya adalah tentang 1 - 2 A. Saya tidak tahu apa yang benar. bagaimana saya bisa menguji dengan multimeter saya?. Selain itu jika itu adalah 1A atau 2A transformator, bagaimana saya bisa mengurangi arus 700mA. salam

Hi Vinod,

sirkuit adalah OK, tapi tidak akan akurat, akan memberikan banyak masalah> sementara menyesuaikan.

Sebuah transformator 1 amp akan memberikan 1amp ketika hubung singkat (cek dengan menghubungkan prods meter untuk kabel pasokan 10AMP jangkauan dan mengatur baik DC atau AC tergantung pada output). Artinya daya maksimum adalah 1amp pada nol volt. Anda dapat menggunakannya secara bebas dengan baterai 7,5 ah, itu tidak akan ada salahnya, karena tegangan akan turun ke tingkat tegangan baterai di 700ma saat ini dan baterai akan dikenakan biaya dengan aman. Tapi ingat untuk melepas baterai ketika tegangan mencapai 14 volt. Pokoknya, fasilitas kontrol arus akan ditambahkan dalam sirkuit yang saya akan memberikan Anda, jadi tidak ada yang perlu khawatir Salam.

Hi Vinod, >>>>>> Saya akan memberikan Anda dengan sirkuit otomatis yang sempurna, silahkan tunggu >>> sampai besok.

Hi Swagatam, saya harap Anda akan membantu saya untuk menemukan solusi yang lebih baik. Terima kasih. salam vinod chandran

Sementara itu, pengikut tajam lain blog ini Mr.Sandy juga meminta sirkuit pengisi baterai yang sama melalui komentar ......


Jadi akhirnya saya merancang sirkuit yang diharapkan akan memenuhi kebutuhan Mr.Vinod dan Mr Sandy untuk tujuan yang dimaksudkan.

Gambar berikut menunjukkan otomatis 3-18 volt, tegangan terkontrol, terkontrol, double stage rangkaian pengisi baterai saat ini dengan fitur pengisian siaga.
Untuk penjelasan rangkaian silahkan baca komentar .....

1 komentar:

Unknown mengatakan...

apa ngga ada schema yg lebih kompleks lagi gan :-?