16.56
4
Sebuah tegangan otomatis all-in-one pengisi baterai sirkuit dibahas di posting berikut; sirkuit dapat dimodifikasi dalam berbagai cara sesuai kebutuhan individu dan aplikasi.
Rangkaian berikut akan memungkinkan Anda untuk mengisi hak baterai dari 1.5V ke 24V hanya dengan mendirikan preset yang diberikan.

Rangkaian fungsi dapat dipahami dengan hal-hal berikut:

The IC LM3915 yang merupakan Dot / Bar tampilan tegangan chip yang membentuk bagian utama dari rangkaian.

The IC memiliki sepuluh keluaran linear incrementing yang berurutan satu demi satu dalam menanggapi makan potensi naik di perusahaan pin # 5.

Dengan demikian urutan output sesuai dengan tingkat tegangan sesaat pada "sinyal input" pin dari IC.

The 10K yang telah ditetapkan terkait dengan IC di atas diatur sesuai tegangan baterai yang perlu diisi.

Setelah ini LED yang terhubung pada output linier mengindikasikan level pengisian baterai dengan menerangi secara berurutan, dan akhirnya ketika LED menyala lalu yang terjadi ketika baterai akan terisi penuh, SCR dipicu mematikan proses pengisian secara permanen sampai daya ulang.

Tahap terdiri dari IC LM338 adalah standar regulator tegangan IC, preset terkait dengan IC diatur sesuai batas muatan penuh yang dibutuhkan dari baterai terhubung.

Transistor BC547 menyediakan 3V tetap untuk LED terhubung untuk mengendalikan disipasi IC.

Transistor BC557 tetap diaktifkan OFF selama yang terakhir LED dalam array yang dapat dipilih untuk indikasi muatan penuh tidak menyala.

Segera setelah terakhir "muatan penuh" LED switch ON, BC557 ini juga beralih ON memicu SCR. The SCR langsung alasan ADJ pin dari LM338 sepenuhnya menonaktifkan IC dan output ke baterai.

Baterai sekarang berhenti menerima tegangan apapun dan dengan demikian itu terhambat dari mendapatkan atas dikenakan biaya.

Cara Set Up semua tujuan ini pengisi baterai dengan Indikator Circuit

Sirkuit ini dapat digunakan untuk pengisian 1.5V, 3V, 6V, 9V, 12V, 15V, 18V, 21V dan 24V baterai, bahkan setiap tegangan yang mungkin terletak antara 1 dan 24V.

Misalkan Anda ingin mengisi baterai 6V, tingkat biaya penuh untuk baterai ini akan menjadi 7V.

Pengaturan sirkuit dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Jangan hubungkan baterai awalnya dan juga menjaga gerbang SCR terputus dari jaringan BC557.

Oleskan relatif lebih tinggi potensial DC pada input dari IC LM338, mungkin 9V atau 12V masukan.

Sesuaikan preset 10K bawah LM338 sedemikian rupa sehingga terminal baterai poin menerima output 7V.


Sekarang menyesuaikan preset 10K bawah LM3915 IC sehingga yang terakhir hanya LED berkedip ON pada tegangan ini, berarti pada diterapkan 7V.

Kembalikan koneksi gerbang SCR sesuai diagram sirkuit.

Itu saja sirkuit yang semuanya sudah siap sekarang.

Selama proses pengisian setiap LED akan sesuai dengan 7/10 = 0,7 volt, makna mengatakan di 5V-7 LED akan menyala dan dengan kenaikan dari 0,7 V LED berikutnya akan menyala dan urutan akan dimulai dari 7t ke-8 ke 9 dan kemudian akhirnya ke-10 dipimpin mematikan sirkuit dan pengisian baterai.

Atau jika Anda Anda tertarik untuk membuat sirkuit merespon dengan semua  baterai  dari 3V ke 12V maka Anda dapat menyesuaikan LM3915 diatur sedemikian rupa sehingga LED lalu nyaris tidak menyala di 14.4V.

Sekarang setiap pinout dari IC  yang sesuai  dengan LED yang relevan akan urutan pada tingkat 14.4/10 = 1.4V, oleh karena itu untuk baterai 6V muatan penuh LED pinout akan 7/1.4 = 5, artinya LED menyala-5 akan menunjukkan bahwa baterai 6V terhubung sekarang terisi penuh.

Untuk memungkinkan cut off otomatis untuk situasi di atas Anda hanya perlu  membuat  yakin dasar BC557 yang  terhubung  dengan pinout-5 dari LM3915 IC dari  kiri  ke kanan.

Untuk baterai 9V akan 9/1.4 = 6.4th dipimpin, yang berarti ketika 6th LED sepenuhnya bersinar dan ke-7 LED hampir tidak berkedip-kedip, ke-7 LED dapat dipilih dan bergabung dengan basis BC557 untuk  memperoleh  cut otomatis yang diperlukan off.



4 komentar:

dimas adji mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

gan bisa ga 1 trafo ct dibuat outpot 12v & 24v?

nauval mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
nauval mengatakan...

tes