19.24
3
Dalam banyak aplikasi sirkuit elektronik penundaan beberapa detik atau menit menjadi persyaratan penting untuk memastikan operasi yang benar dari rangkaian. Tanpa penundaan yang ditentukan sirkuit bisa berfungsi atau bahkan rusak.

Di sini kita membahas bagaimana kita dapat membuat sederhana delay timer menggunakan komponen yang sangat biasa seperti transistor, kapasitor dan dioda. Mari kita menganalisis berbagai konfigurasi secara rinci. pertama circuit diagram menunjukkan bagaimana transistor dan beberapa komponen pasif lainnya dapat dihubungkan untuk memperoleh dimaksudkan menunda output waktu. Transistor telah disediakan dengan resistor basis biasa untuk fungsi membatasi arus. Sebuah LED yang digunakan di sini hanya tujuan indikasi berperilaku seperti kolektor beban sirkuit. Sebuah kapasitor , yang merupakan bagian penting dari rangkaian mendapat posisi tertentu di sirkuit, kita dapat melihat bahwa itu telah ditempatkan di ujung lain dari resistor dasar dan tidak langsung ke dasar transistor. Sebuah tombol push digunakan untuk memulai rangkaian. Pada menekan tombol sesaat, positif tegangan dari jalur suplai memasuki resistor dasar dan switch ON transistor dan kemudian LED. Namun dalam perjalanan dari tindakan di atas, kapasitor juga akan terisi penuh. Pada melepaskan tombol push, meskipun kekuatan untuk dasar akan terputus, transistor terus melakukan dengan bantuan energi yang tersimpan dalam kapasitor yang kini mulai pemakaian biaya yang disimpan melalui transistor. LED juga tetap diaktifkan ON sampai kapasitor akan sepenuhnya habis. nilai Te kapasitor menentukan waktu tunda atau berapa lama transistor tetap dalam modus hantaran. Seiring dengan kapasitor, nilai resistor dasar juga memainkan peran penting dalam menentukan waktu yang transistor tetap diaktifkan ON setelah tombol dilepaskan. Namun sirkuit menggunakan hanya satu transistor akan mampu menghasilkan penundaan waktu yang dapat berkisar hanya untuk beberapa detik. Dengan menambahkan satu lagi tahap transistor (gambar berikutnya) di atas rentang waktu tunda dapat meningkat secara signifikan. Penambahan tahap transistor lain meningkatkan sensitivitas sirkuit, yang memungkinkan penggunaan nilai yang lebih besar dari waktu resistor sehingga meningkatkan rentang waktu penundaan sirkuit.


Dua Langkah Sequential Timer

Rangkaian di atas dapat dimodifikasi untuk menghasilkan dua langkah berurutan delay pembangkit. Sirkuit ini diminta oleh salah satu pembaca setia blog ini, Mr.Marco.

Sebuah rangkaian delay OFF alarm sederhana ditunjukkan pada diagram berikut. 
Rangkaian diminta oleh Dmats.
Rangkaian berikut diminta oleh Fastshack3

"Saya mencari untuk membangun sebuah sirkuit yang akan mengontrol relay output. Ini akan dilakukan di 12V dan urutan akan dimulai dengan saklar manual. Aku akan membutuhkan waktu tunda disesuaikan (waktu mungkin ditampilkan) setelah saklar dilepaskan, maka output akan pergi untuk waktu yang disesuaikan (juga mungkin ditampilkan) sebelum mematikan. Urutan tidak akan me-restart sampai tombol ditekan dan dilepaskan lagi. Waktu setelah rilis tombol akan dari 250 milidetik sampai 5 detik. " pada "waktu untuk output untuk mengaktifkan relay akan dari 500 milidetik hingga 30 detik. Let me know jika Anda dapat menawarkan wawasan apapun. Terima kasih!"


3 komentar:

Shikamaru Nara mengatakan...

thanks gan sudah share
obeng samsung plus ori

Ivanavi mengatakan...

Terimakasih sangat membantu

Unknown mengatakan...

Terimakasih, sukses selalu