19.27
0
Rangkaian ini dijelaskan dari sirkuit pengontrol level air didasarkan pada rangkaian timer yang waktu tunda pertama disesuaikan agar sesuai dengan waktu pengisian tangki , seperti tangki mengisi, penundaan waktu bersamaan juga penyimpangan dan output switch OFF air pompa .
Dari pak ali. Aku punya Pompa Air (yang menghisap air dari bore) diinstal di rumah saya, ketika saklar saudara saya pada pompa air dia selalu lupa (u tahu bhulakar satu: P) untuk mematikannya kembali: (dan tangki air akan lebih mengalir dan air berjalan di bagian atas rumah kami: ( Aku ingin kau untuk membantu saya untuk merancang sebuah rangkaian timer untuk secara otomatis mematikan pompa pada waktu tertentu.  
  The CIRCUIT DIAGRAM dari level air ini rangkaian timer kontroler memanfaatkan serbaguna IC tunggal 4060 untuk menghasilkan waktu tunda yang diperlukan. P1 awalnya disesuaikan melalui beberapa trial and error sehingga sama persis dengan waktu pengisian tangki air yang perlu dipantau. Rangkaian ini dimulai dengan menekan push button SW1 ketika kontak N / O relay dilewati. ini sejenak beralih ON transformator yang kekuatan IC seketika. ini langsung memicu transistor dan juga relay yang mengambil alih dan kait ON sirkuit. Sekarang sirkuit memegang ON bahkan setelah tombol dilepaskan, semuanya terjadi dalam waktu setengah detik. Operasi di atas juga sekaligus switch ON motor pompa yang dimulai mendorong air di dalam tangki. Setelah selesai penghitungan timer, pin # 3 menjadi tinggi, perilaku T1 dan switch OFF T2 dan relay. Para kontak relay beralih ke keadaan semula beralih OFF motor serta seluruh rangkaian, menghentikan motor pompa dan mudah-mudahan menghambat tangki dari meluap.




 
Pengadaan suku cadang oleh Ali Adnan



Parts List
R1, R3 = 1M, 1/4 watt CFR
R2 = 1K, 1/4 watt CFR
R4(T1 base) = 22K, 1/4 watt CFR
R4(T2 base) = 10K, 1/4 watt Cfr
P1 = 1M preset horizontal
C1 = 1uF/25V
C2 = 1uF/25V non polar, any type will do
C3 = 1000uF/25V
D1, D2 = 1N4007,
Relay = 12V/SPDT/contact current as per motor specification
SW1 = Bell push type of button
IC1 = 4060
T1 = BC547
T2 = 8050, or 2N2222
TR1 = 0-12V/500mA

 saya telah membuat prototipe pada PCB tujuan umum dan sejauh ini ditemukan untuk bekerja secara akurat untuk tujuan saya: 5 menit, 10 menit dan 15 menit keterlambatan masing-masing (dengan set P1 di 15,4 KOhms selama 5 menit delay dll).  Sejauh ini, saya melihat komentar di atas dan ingin menambahkan sesuatu mengenai pertanyaan yang diajukan oleh Mr ali pada relay. Untuk tujuan saya, saya berniat untuk menggunakan timer ini pada AC 50 Hz, 220 - 240 volt, Crompton Greaves priming diri mono-set pompa, tipe - Miniwin II, 0,37 Kwatt/0.50 HP. Jadi, saya telah membeli 12 volt SPST relay yang memiliki toleransi saat kontak dari ~ 7 Amps.  Sebuah kontak 7amp akan berarti kapasitas maksimum 7 * 220 = 1.540 watt, itu mungkin lebih dari cukup untuk tujuan tersebut.






Gambar muka air prototipe Timer controller selesai, dikirim oleh Mr ali







Diagram berikut menunjukkan bagaimana rangkaian di atas dapat digunakan dengan pasokan panel surya, dan dengan motor DC yang terhubung pada output.

 
 
 
Selamat mencoba.............!!!

0 komentar: