19.22
0
Sebuah kamar tidur otomatis lampu rangkaian timer sederhana telah dijelaskan di sini untuk mematikan lampu kamar tidur Anda setelah tetap waktu yang telah ditentukan. Penggunaan terpercaya 741 IC membuat sirkuit sangat mudah untuk membangun dan apalagi sangat akurat.
Rangkaian timer lampu kamar otomatis disajikan di sini adalah super mudah untuk memahami dan menggunakan sangat sedikit komponen untuk beroperasi. Penggunaan sirkuit terpadu 741 membuat sirkuit yang lebih akurat dibandingkan dengan yang transistor.
Dalam banyak rumah, lampu kadang-kadang terletak pada jarak dari tempat tidur dan sering, orang-orang mungkin memiliki kebiasaan membaca buku atau lebih sebelum tertidur off. Dalam situasi seperti itu orang akan menginginkan mereka memiliki perangkat yang bisa diatur sesuai kebutuhan untuk secara otomatis beralih-off lampu setelah periode tertentu tertentu. yang diusulkan rangkaian dari timer lampu kamar tidur dirancang persis untuk memenuhi kebutuhan di atas. Perangkat akan secara otomatis mematikan lampu kamar tidur terhubung dan dirinya sendiri setelah jangka waktu tertentu tergantung pada pengaturan. Sebuah RC konfigurasi standar waktu telah digunakan dan bekerja memuaskan untuk aplikasi ini. IC 741 yang ditransfer sebagai bentuk multivibrator monostable bagian aktif utama dari sirkuit. Anda sudah harus terlalu akrab dengan IC ini dan kami tahu bahwa itu pada dasarnya sebuah op-amp yang memiliki aplikasi besar dalam konfigurasi sirkuit elektronik. Dalam salah satu aplikasi standar IC 741 dapat digunakan untuk membandingkan tegangan di antara inverting dan input non inverting. Pada merasakan pemicu ambang batas pada salah satu masukan, IC matikan kondisi output dan mengaktifkan parameter output sini seperti yang dijelaskan di atas, digunakan sebagai pembanding dan digunakan untuk membandingkan tegangan pengisian dari kapasitor ke tingkat set tertentu setelah yang beralih output. Circuit Description Mengacu pada gambar, kita melihat bahwa input pembalik diatur untuk sekitar 2/3 rd dari tegangan suplai. Level tegangan ini justru menjadi sumber referensi ke IC. pembalik pin masukan non dari IC terhubung ke pengurapan jaringan RC, dimana ujung resistor R (variabel jika diperlukan) terhubung ke suplai positif dan pin negatif dari kapasitor C pergi ke titik ground dari rangkaian. Powering sirkuit agak dilakukan dengan cara yang menarik. Di sini transistor T2 bersama dengan PB1 begitu kabel yang pada menekan kait PB1, T2 dan memegang tegangan suplai untuk menjaga sirkuit bertenaga. Sekarang, awalnya tegangan pada pin # 3 hampir pada potensial tanah karena C, namun sebagai C biaya potensi pada pin ini dari IC mulai naik. Tergantung pada nilai R, setelah panjang tertentu biaya waktu C itu sendiri ke tingkat yang mungkin atas 2/3 rd dari tegangan suplai seperti yang ditetapkan pada masukan pembalik. The IC merespon dan segera matikan output untuk menghasilkan logika tinggi atau tegangan positif. T1 dan relay pada menonaktifkan output dan switch dari beban eksternal yang terhubung ke sana. Logika tinggi pada output dari IC juga menghambat T2 dari melakukan dan istirahat kait untuk beralih dari keseluruhan sistem. Urutan waktu lampu tidur ini waktu dapat diulang atau dimulai dengan menekan PB1 bila dirasa perlu. Seorang Banyak Simpler Malam Otomatis Lampu dapat dibangun dengan Menggunakan Circuit berikut:




0 komentar: