19.30
1
Beberapa rangkaian waktu yang menarik  disesuaikan  sesuai kebutuhan individu saat ini. Yang pertama adalah semacam minggu / hari, timer diprogram sirkuit untuk penggerak motor untuk waktu yang telah ditentukan yang dipilih hari dalam seminggu , sedangkan rangkaian timer kedua adalah untuk memperingatkan seorang  dosen  mengenai akhir dari  jatah  waktu / nya periode kelasnya.  


Rangkaian timer ini untuk memilih berapa lama  akan tetap ON (3-10 detik) dan berapa kali itu akan mengulangi tindakan yang selama 7 hari (1-7 kali yaitu sekali dalam seminggu, dua kali dalam seminggu , setiap hari dll). Aku membutuhkannya untuk mengendalikan 9-12V bermotor listrik. Terima kasih banyak sebelumnya!



Keterangan Sirkuit

Seperti ditunjukkan di atas hari minggu rangkaian timer diprogram, IC 4060 di sisi kiri adalah kabel sebagai sebuah rangkaian timer 24 jam. Panjang waktu ditentukan oleh kapasitor 22uF dan pot 10m. Sebuah nilai tetap cocok dapat dipilih untuk kedua komponen untuk mendapatkan waktu tunda yang ditentukan.
The 22uF kapasitor harus rendah non-polar  kebocoran  jenis kapasitor dan resistor harus MFR 1%
Output diterima dari pin # 3 di atas IC, yang pergi tinggi segera setelah waktu yang ditetapkan tercapai. Hal ini menghasilkan sebuah pulsa pendek untuk pin # 14 dari IC 4017 yang dikonfigurasi sebagai 7 tahap kontra pembagi sini.
Dengan setiap denyut nadi setelah preset 24 jam Interval, IC 4060 juga me-reset sendiri melalui dioda terhubung di pin # 3 dan pin # 12.
IC 4017 output fungsi sebagai minggu waktu di mana 7 outputnya pergeseran (menjadi tinggi) dari pin3 ke pin6 berurutan dalam menanggapi atas 24 jam pulsa, menggambarkan 7 hari dalam seminggu.
Hak hand side IC 4060 dikonfigurasi sebagai durasi pendek waktu untuk mengaktifkan motor yang dapat terhubung dengan kontak relay ditunjukkan.
Tahap ini terintegrasi dengan IC 4017 tahap melalui ditunjukkan 7 1N4148 dioda. Tergantung pada apa yang hari kebutuhan motor harus diaktifkan ON, hanya mereka dioda yang relevan yang terhubung dengan output 4017, sisa dioda disimpan tidak berhubungan.
Setelah semua koneksi ini, ketika daya diaktifkan ON, sisi kiri 4060 memicu dan kekuatan output dari IC 4017 untuk menjadi tinggi dalam urutan setiap setelah 24 jam.
Tergantung pada koneksi dari dioda, sisi kanan IC 4060 akan diaktifkan ON hanya pada hari-hari yang dipilih dalam seminggu melalui transistor BC547 yang pekarangan pin reset # 12 pada menerima sinyal dari IC 4017 output yang relevan.
Hal ini mendorong pin # 3 untuk pergi rendah mengaktifkan tahap relay driver sebelumnya dan motor.
Tahap diatas tetap aktif sampai waktu yang ditetapkan berlalu ketika output-nya menjadi tinggi menghambat relay Sopir bijak dari dasar berkendara sehingga menghentikan motor. The tinggi dari pin 3 juga mengunci IC melalui dioda ke pin11 nya. Interval waktu dapat diperbaiki dengan  menyesuaikan  pot 100k diberikan
Seluruh operasi ulang pada pulsa berikutnya dari 24 jam 4060 tahap timer.
Operasi demikian mengulangi sesuai pemrograman dilakukan pada tiga IC. 
===================================================================================


Dibutuhkan sirkuit untuk waktu limiter digunakan untuk berbicara di depan umum.
Katakanlah jika kita memiliki satu jam untuk berbicara di tempat umum maka timer akan menunjukkan lampu hijau mulai dari 60 menit kemudian menghitung mundur ke 0, tapi sebelum finish lampu kuning akan berubah untuk tetap berbicara bahwa waktu hampir selesai, bisa 3 menit sebelum ke 0, akhirnya ketika waktu berakhir lampu merah akan menyala, itu berarti bahwa waktu untuk kita adalah finish.







Circuit Deskripsi

di atas mengalir dua tahap rangkaian timer sekuensial agak sederhana dengan konfigurasi dua 4060 IC dihubungkan satu sama lain untuk membentuk sebuah konfigurasi waktu berurutan.
IC kiri dicurangi sebagai timer sirkuit 57 menit, sementara sisi kanan IC sebagai Timer sirkuit 3 menit.
Ketika beralih ON kiri IC mulai menghitung (LED hijau ON) sampai 57 menit telah berlalu yang membuat pin3 nya pergi tinggi, mematikan LED hijau
ini memicu terhubung BC547 transistor yang sekarang alasan pin12 dari kedua IC 4060 mendorong untuk memulai proses penghitungan 3 menit nya. 
Ini mengaktifkan LED kuning menunjukkan 3 menit terakhir yang dihitung, sampai mendapatkan lebih mematikan LED kuning dan beralih ON RED LED.
Dioda di pin3 dan pin11 dari IC menjaga IC latch sampai sirkuit diaktifkan OFF dan beralih ON untuk memulai siklus berikutnya.


Semoga bermanfaat..........!!!

1 komentar:

Kanta mengatakan...

Utk circuit dgn 3 IC tsb di atas, tdk akan berfungsi sempurna, jika diteliti lagi terdapat kesalahan circuit. Kelihatannya circuit ini terdapat kesalahan gambar.