19.23
0
Saya telah membahas satu timer diprogram  sirkuit di blog ini sebelumnya, sirkuit melibatkan IC 4060 untuk menghasilkan dasar osilasi yang lebih digunakan untuk menghasilkan interval waktu yang dibutuhkan, namun hal ini tidak dapat disinkronisasi dengan clock eksternal. Rangkaian berikut diminta oleh Mr.Amit, di sini konsep yang menggunakan jam untuk memperoleh yang diperlukan osilasi waktu dasar dan karena itu dapat disinkronkan dengan jam eksternal atau jam tangan.
Prosedur di atas menggunakan modul osilator sederhana untuk memperoleh osilasi mungkin terlihat cukup mengesankan, tetapi menyertai kerugian serius.
Jenis diatas timer tidak dapat disinkronkan dengan jam dan oleh karena itu tidak pernah akurat. Artikel tersebut dijelaskan di sini menggunakan pulsa kedua yang jam untuk memperoleh osilasi memicu dasar untuk bagian yang berbeda dari tahap sirkuit yang sesuai yang terbagi dalam menit, jam dll output ini sesuai dikonfigurasi dengan kait set ulang untuk mendapatkan aplikasi timer diprogram yang diperlukan kebutuhan. Seperti terlihat pada gambar rangkaian pada dasarnya menggabungkan banyak 4017 IC untuk membagi sumber detik pulsa ke menit dan jam. Setiap IC 4017 terdiri dari 10 output port yang menjadi tinggi dan rendah secara berurutan dalam menanggapi masukan diterapkan pada pin # 14 . Ini berarti jika sebuah pulsa durasi satu atau kedua 1Hz diterapkan pada masukan, Pulse akan menjadi durasi 10 detik pada pin # 3 dari IC. pertama IC dari kiri diterapkan dengan detik pulsa berasal dari digital biasa Jam. Seperti dijelaskan di atas, itu pin # 3 sekarang menghasilkan 10 detik interval waktu, berarti ia pergi tinggi setelah setiap 10 detik. pin ini # 3 adalah berikutnya terhubung ke input dari kedua 4017 IC, yang lagi-lagi melakukan hal yang sama, meningkat interval waktu * 10, yang menghasilkan 10 * 10 = 100 detik waktu, namun karena nomor pin-nya 5 terhubung dengan pin # 15, IC ini menghasilkan 60 detik durasi waktu di pin # 3. interval waktu 60 detik ini diterapkan lebih lanjut untuk input dari IC 4017 mendatang, yang sekarang dengan cara yang sama mengubah masukan ini menjadi periode 60 * 10 = 10 menit. di atas 10 menit Interval waktu lagi diterapkan pada masukan dari 4.017 IC berikutnya menghasilkan output 10 * 6 = 60 menit. yaitu sebesar 1 jam pada pin # 3. Prosedur di atas dapat ditingkatkan ke sejumlah waktu output selang hanya dengan menambahkan lebih banyak dan lebih 4017 IC dalam array. Sekarang menarik, waktu yang dihasilkan pada masing-masing IC pin out adalah semua sesuai dengan masukan utama yang diperoleh dari detik pulsa jam digital, oleh karena itu sangat terkoordinasi dengan waktu jam.



Jika Anda tertarik untuk mencapai fitur diprogram dari atas diatur, Anda hanya perlu menghitung secara tepat, menilai dan mengintegrasikan relevan pin out dari IC yang sesuai dengan SET Resest Latch terminal masukan rangkaian pemicu, seperti yang dijelaskan di bawah ini: The set ulang latch rangkaian yang ditunjukkan dalam diagram sebenarnya hanyalah sebuah menempel sederhana set up, yang dapat digunakan untuk mengaktifkan relay melalui salah satu input (set) dan reset kembali untuk menonaktifkan relay melalui memicu masukan lain.





Kedua masukan pemicu yang terpisah dan dapat secara individual diperoleh dari atas menjelaskan IC 4017 pin out. Bagaimana Anda ingin untuk mencapai satu set tertentu memicu tindakan sesuai kebutuhan Anda akan hanya tergantung bagaimana Anda menganalisis di atas mengatur dan mengkonfigurasi masing-masing pin out dengan set ulang latch. Relay terkait dengan kait set ulang pada akhirnya akan bertanggung jawab untuk mengaktifkan dan menonaktifkan beban tertentu discretely sesuai masukan waktu ditugaskan dari 4017 IC.

0 komentar: